Divisi Umum, PKBL & PTR

SEKILAS TENTANG DIVISI UMUM, PKBL & PTR

Terbagi menjadi 2 (dua) tugas pokok ; yakni urusan Umum, dan urusan PKBL – PTR.

Urusan Umum adalah hal terkait dengan tugas tehnis berkaitan dengan operasional penunjang kerja Kantor Pusat, iantaranya penyediaan darana dan prasarana kantor.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan wujud kepedulian dan tanggungjawab perusahaan terhadap kondisi masyarakat sekitar, khususnya untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan koperasi dari laba disisihkan. Melalui PKBL, perusahaan merasa terpanggil untuk turut memberdayakan masyarakat sekitar dengan mendorong kegiatan produktif dan perluasan kesempatan berusaha sehingga dapat diperoleh kemajuan bersama. PKBL memungkinkan hubungan antara perusahaan dan masyarakat menjadi lebih harmonis.

Program Kemitraan

Realisasi penggunaan dana program kemitraan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.  Pengembangan kapabilitas mitra binaan dalam peningkatan volume dan kualitas produk terus diupayakan. PKBL tidak hanya memberikan pinjaman lunak untuk keperluan pengembangan usaha, namun juga bimbingan manajemen dan perluasan akses pasar. Beberapa mitra binaan sering diiukutkan dalam pameran yang bersifat lokal maupun nasional, seperti PKBL BUMN Expo yang digelar di sejumlah kota.  Salah satu di antaranya, Anindita, yang berkonsentrasi pada sulam lukis dan batik beberapa kali mendapatkan penghargaan. Kreativitas Anindita antara lain keberhasilannya mengembangkan batik khas Surabaya bertajuk Bayu Sumilir.

Selain untuk pengembangan usaha bagi masyarakat yang tidak terkait secara langsung dengan core business gula, PKBL PTPN XI juga memberikan pinjaman lunak kepada para petani tebu rakyat mandiri (PTR) yang selama ini belum tersentuh modal kerja berupa kredit program. Pinjaman kepada petani semacam ini diharapkan lebih memantapkan kerja-sama yang telah terjalin, khususnya dalam penyediaan bahan baku tebu. PTPN XI berharap penyaluran pinjaman tidak sekedar memperkuat pola pembiayaan usaha tani, namun juga upaya nyata dalam peningkatan produktivitas. Adanya pinjaman memungkinkan para petani tebu rakyat lebih serius dalam melakukan perbaikan mutu intensifikasi budidaya, penyediaan agro-inputs sesuai kebutuhan tanaman, perbaikan manajemen tebang-angkut, dan ekpansi areal.Realisasi program kemitraan disajikan pada tabel.

 

 

Leave a reply

required